1






Selamat Pagi, Selamat Datang di Zona Inspiratif Ini!

Selamat membaca Artikel Persembahan dari Anthony Dio Martin, Salam Antusias!
Rabu, 22 November 2017

GET IN TOUCH ANTHONY DIO MARTIN

Blog

Salam Antusias!

Pramudya Ananta Toer, salah satu sastrawan Indonesia yang selalu saya kagumi tulisannya mengatakan dengan lantang, “Menulis, membuat kita menyejarah!”.

Terus terang, saya bukanlah orang yang sangat rajin menulis di blog. Tetapi, salah satu media (memang sih masih ada banyak alternatif lainnya saat ini) yang memungkinkan kita membaca insight pribadi seseorang, adalah melalui blognya.

Masalahnya, selama ini saya sering menulis insight-insight pribadi di buku catatan pribadi. Bukan diary sih! Dulu, saya memiliki buku diary tetapi, dengan berjalannya waktu, dan karena alasan ketiadaan waktu, tidak ada diary yang sempat ditulis lagi. Sekarang catatan pribadi saya berupa kalimat-kalimat intisari dari perenungan dari kejadian-kejadian penting dalam hidup saya. Saya mengakhiri setiap hari dengan bertanya, “Apa insight dan pembelajaran hari ini?”

Mengapa di Blog?

Dari dulu, sebenarnya saya ingin memanfaatkan blog untuk menuliskan buah-bukan inspirasi, insight dan pemikiran saya di blog personal ini. Karena sejujurnya, ada bebarapa manfaat dari menulis di blog ini:

Pertama, blog tidak mungkin diedit ataupun disensor oleh pihak lain. Semua pemikiran kita, bisa kita muat sebebas-bebasnya dan kitalah yang mempertanggungjawabkan isinya. Jadi, inilah forum kebebasan berpendapat bagi diri kita sendiri. Namun sekaligus, juga jadi ajang belajar bertanggungjawab dengan apa yang kita suarakan di blog Pribadi kita pula..

Kedua, blog sebenarnya ajang yang bagus bagi orang lain untuk mengenal diri kita secara Pribadi. Juga mengenal buah-buah pemikiran kita. Semakin membaca tulisan seseorang di blogny, Anda bisa semakin mengenal orang tersebut!

Ketiga, blog dari bagian dari sejarah kehidupan kita. Sebenarnya yang membuat kita menyejarah bukanlah blognya, tetapi tulisan yang kita buat. Makanya, saya selalu menyarankan orang untuk berlatih menulis baik artikel, termasuk buku (kalau memungkinkan). Sebab, ketika tubuh fana ini meninggalkan dunia, warisan pemikiran kita yang tertuang dalam tulisan-tulisan kita masih akan terus dibaca.

Keempat, yang jelas, blog pun bisa jadi ajang latihan menulis dan ajang menuangkan gagasan, ide secara sistematis. Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang sulit menuangkan gagasannya secara sistematis?

Saya pernah! Waktu itu, kejadiannya terjadi dengan salah satu mantan staff saya. Nah, salah satu treatment yang saya berikan kepadanya adalah memintanya untuk latihan “report writing” alias menulis (saat itu belum ada blog!). Alasanku sederhana, orang yang tidak mengalami kesulitan untuk menuangkan gagasannya secara tertulis, biasanya juga tidak akan pula mengalami kesulitan untuk berbicara dengan sistematis.

Point Terakhir

Sebenarnya, dan inilah poin terakhir saya, tulisan ini sendiri adalah cara saya untuk memotivasi diri buat lebih sering dan lebih mau meluangkan waktu menulis di blog. Masalahnya, sejak blog ini dibuat oleh salah satu rekan di kantor, saya belum terlalu rajin untuk menggunakannya sebagai media untuk menuangkan gagasan Pribadi saya. Dan justru itulah pula poin saya, terkadang saya sendiri menggunakan proses penulisan sebagai media untuk memotivasi dan mendorong diri saya sendiri.

Terus terang, tatkala menulis, saya seringkali memberdayakan “super ego” (bagian diri saya yang ideal) untuk menasihati dan memberikan dorongan atas diri saya. Itu pula, salah satu cara saya memotivasi diri saya sendiri!

So, ayo kita sama-sama “menginspirasi” dan “menyejarah” melalui blog yang kita tuliskan!

Sahabat Menuju Suksesmu,

Anthony Dio Martin
signature

ARTICLE UPDATE

FRIENDSHIP FACTOR: BAGAIMANA KAMU TAHU KAMU PUNYA SAHABAT YANG BAIK?

Dua orang yang bersahabat baik, sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba, mereka [...]
Nov 4, 2017 by Anthony Dio Martin

Hindari Mentalitas Tukang Pos

Ini istilah yang aneh. Istilah ini pertama kali saya dengar dalam salah satu meet [...]
Oct 25, 2017 by Anthony Dio Martin

FATHERLESS GENERATION (GENERASI TANPA AYAH)

Tahukah Anda… Suatu hasil survei yang mengejutkan yang pernah dillakukan di [...]
Oct 25, 2017 by Anthony Dio Martin
VIEW MORE IN CATEGORY
KECERDASAN EMOSIONAL
TRAINING & HUMAN RESOURCES
LEADERSHIP
FAMILY
BISNIS & MANAJEMEN
MOTIVASI & INSPIRASI

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.